UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE SHARING DAN MEDIA AUDIO VISUAL MATERI IMAN PADA HARI AKHIR SISWA KELAS XII.IPA-2 SMA-NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Agus Kholik SMA Negeri 1 Margasari
Keywords: Metode Sharing, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Bagaimana meningkatkan hasil belajar pada materi Iman pada Hari Akhir melalui Metode Sharing dan Media Audio Visual. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Sharing dan Media Audio Visual.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan denfan alokasi waktu 4 jam pelajaran, 2 kali pertemuan dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Apabila pada siklus I belum meperlihatkan hasil sebagaimana yang diharapkan, maka akan dilanjutkan siklus berikutnya (siklus II). Tindakan pada siklus II merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari tindakan yang dilaksanakan pada siklus I. Oleh karena itu tindakan siklus II dilakukan dengan melihat hasil pengamatan kegiatan belajar mengajar serta hasil belajar siswa pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, jelaslah bahwa melalui sharing dan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk materi iman kepada hari akhir siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar. Demikian pula pada pelaksanaan pembelajaran terjadi peningkatan. Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I 10 aspek (71.42%) yang memperoleh kriteria baik dan 4 aspek (28.57 %) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi 12 aspek (85.71 %). Aktivitas siswa pada siklus I, 25 orang siswa (71,4%) yang aktif, dan 8 orang (28,6 %) yang cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa (91,4 %) yang aktif dan 2 (8,6%) orang siswa yang cukup aktif. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Sharing dan Media Audio Visual dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Margasari, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran PAI.

Published
2022-03-23
Section
Articles