TIM DVI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALAPULANG

Authors

  • Heri Jatmiko

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.988

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Tim DVI

Abstract

Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk mengembangkan Metode Tim DVI dengan harapan dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII. Indikator ketuntasan belajar adalah apabila seorang siswa memperoleh nilai sekurang kurangnya 76 dan secara klasikal di peroleh nilai sekurang kurangya 85% dari jumlah siswa di kelas tersebut yang telah mencapai nilai perorangan sebesar 76. Hasil penulisan menunjukan hal-hal sebagai berikut untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dari 32 siswa di peroleh ketuntasan klasikal 90,62%. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan Metode Tim DVI dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Balapulang.

Downloads

Published

2022-03-23

Issue

Section

Articles