SURVEI LITERASI DIGITAL SISWA KELAS RENDAH DAN SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA MARGASARI
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.990Keywords:
Survei, Literasi Digital, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi tingkat literasi digital siswa Sekolah Dasar Negeri dalam satu desa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Random. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan deskriptif dengan persentase dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 siswa (1,05%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, 56 siswa (29,47%) termasuk dalam kategori tinggi, 75 siswa (39,47%) termasuk dalam kategori cukup, 43 siswa (22,63) termasuk dalam kategori rendah dan terakhir 14 siswa (7,37%) termasuk ke dalam kategori sangat rendah. Frekuensi terbanyak termasuk ke dalam kategori cukup yaitu 75 siswa (39,47%). Dengan demikian, tingkat literasi digital siswa SD Negeri se-Desa Margasari masih kategori cukup. Sedangkan hasil uji hipotesis yang dibantu dengan SPSS 16.0 for windows dengan menggunakan uji beda, menunjukkan bahwa nilai sig 0,596>0,05; sehingga tidak ada perbedaan antara tingkat literasi digital siswa kelas rendah dan siswa kelas tinggi.