PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS VI SD N DENGOK SEMANU

Authors

  • Maria Adventina Sunardiyah
  • Ana Fitrotun Nisa
  • Siti Muawanah Barozi
  • Istiyarni Istiyarni
  • Nurul Hikmah
  • Wulandari Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v12i1.991

Keywords:

metode mind mapping, hasil belajar

Abstract

Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelajaran di kelas. Rendahnya pemahaman peserta didik pada suatu materi menjadi tanggung jawab guru untuk melakukan perbaikan. Penggunaan mind mapping dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian peserta didik kelas 6 Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dengan masing-masing siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase peserta didik yang telah mencapai KKM pada setiap pertemuan: siklus 1 pertemuan 1 terdapat 5,88%. Siklus 1 pertemuan 2 terdapat kenaikan yaitu 17,65%. Siklus 1 pertemuan 3 terdapat 23,53%. Setelah siklus 1 kemudian direfleksi untuk perencanaan perbaikan pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 terdapat kenaikan persentase peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 58,82%. Siklus 2 pertemuan 2 terdapat kenaikan 76,47%, dan siklus 2 pertemuan 3 terdapat kenaikan yang sangat signifikan yaitu 94,12%. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Downloads

Published

2022-03-23

Issue

Section

Articles