STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER UNTUK MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARGASARI

Authors

  • Lusi Weni Irmayanti

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Inkuiri Bermuatan Karakter

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah: untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam menentukan luas permukaan dan volume pada balok dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri., untuk mengetahui nilai karakter yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kubus menggunakan strategi inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Margasari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  tes, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kulalitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran yang menggunakan strategi inkuiri bermuatan karakter dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dari 35,39% atau 11 orang peserta didik pada pertemuan pertama menjadi 87,65% atau 28 orang peserta didik pada pertemuan kedua, (2) menggunakan strategi pembelajaran inkuiri bermuatan karakter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar menjadi 44, 71% atau 14 orang peserta didik pada pertemuan pertama menjadi 89,76% atau 29 peserta didik, (3) nilai karakter yang dapat diterapkan dalam strategi inkuiri dalam materi bangun ruang sisi datar adalah sebagai berikut: rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif dan inovatif, kemandirian, dan kedisiplinan

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Irmayanti, L. W. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER UNTUK MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARGASARI: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1048