PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI
Keywords:
e-Modul Interaktif, Matematika Realistik, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa e-Modul Interaktif dengan pendekatan matematika realistik materi Trigonometri yang layak/valid untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu untuk mengetahui kepraktisan dan peningkatan minat belajar matematika peserta didik menggunakan e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan 4D, Namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap ketiga yaitu, Define, Design, dan Development. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi konstruk, angket validasi isi, angket respon peserta didik, dan angket minat belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berbentuk deskriptif yang diubah menjadi skor. Skor yang diperoleh diubah menjadi nilai persentase sehingga kualitasnya ditentukan melalui interpretasi nilai persentase. Untuk peningkatan minat belajar peserta didik dihitung dengan menggunakan skor standar gain. Hasil penelitian ini adalah; (1) e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. (2) uji coba produk e-Modul interaktif dengan pendekatan matematika realistik materi Trigonometri terhadap peserta didik memperoleh skor 74,19% dengan kategori praktis (3) peningkatan minat belajar peserta didik memperoleh nilai standar gain 0,68 dengan kategori sedang.