AKSIOLOGI MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Muhammad Shofi Mubarok

Keywords:

aksiologi matematika, implikasi, pembelajaran

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fakta yang menunjukan sikap dan minat peserta didik terhadap pelajaran matematika masih rendah, dan menjadi pelajaran yang dihindari. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bertujuan mengkaji dua hal pokok. Pertama, aksiologi matematika. Kedua, implikasi aksiologi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksiologi matematika adalah sesuatu yang penting untuk meningkatkan daya tarik matematika dan minat peserta didik untuk mempelajarinya. Aksiologi matematika bisa membuat pembahasan pada setiap pokok bahasan matematika menjadi lebih real dan tangible. Aksiologi matematika ini berimplikasi kepada keharusan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru, yaitu: guru harus bisa memanfaatkan internet untuk mencari data update dengan pokok bahasan dan membangun big data yang terstruktur dan sistematis yang behubungan pokok bahasan; guru mampu menghubungkan pembahasan matematika dengan kearifan lokal; guru perlu merencanakan praktek pada materi-materi matematika yang abstrak dan merencanakan kunjungan ke instansi terkait berbasis kebutuhan materi/pokok bahasan.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Mubarok, M. S. (2022). AKSIOLOGI MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1051