TREN PENELITIAN INTUISI PADA JOURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG TERAKREDITASI SCIENCE AND TECHNOLOGY INDEX (SINTA)

Authors

  • Suwarto Suwarto
  • Ali Wardana

Keywords:

journal pendidikan matematika, intuisi, analisis data, analisis isi, pendidikan matematika

Abstract

Intuisi dapat berperan dalam pemecahan masalah, dasar pemahaman matematika salah satunya adalah pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan analisis isi terhadap artikel-artikel yang telah terbit pada journal pendidikan matematika di Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan 2021, dengan focus pembahasan pada artikel adalah intuisi, terlihat dalam tiga tahun terahir penelitian dengan topic ini mengalami penurunan. Penelitian yang paling dominan dilakukan adalah kualitatif, selain itu siswa tingkat SMP sederajat menjadi subyek yang paling banyak diteliti, analisis data yang digunakan kebanyakan menggunakan analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan untuk penelitian mendatang lebih mendukung intuisi sebagai penelitian pada pendidikan matematika menjadi focus utama. Rekomendasi lain adalah meningkatkan jenis penelitian dan teknik analisi data yang tepat.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Suwarto, S., & Wardana, A. (2022). TREN PENELITIAN INTUISI PADA JOURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG TERAKREDITASI SCIENCE AND TECHNOLOGY INDEX (SINTA): Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1052