ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Authors

  • Muhimah Muhimah
  • Eris Fanny Firdaus

Keywords:

Kesulitan Belajar Matematika, Kemampuan Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang siswa kelas X TBSM 2 SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang dalam mengerjakan soal SPLDV dan mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, lembar tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman tinggi mengalami kesulitan pada elemen konsep dan pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan pemahaman sedang mengalami kesulitan pada elemen konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman rendah mengalami kesulitan pada elemen konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah. Faktor-faktor penyebabnya seperti kurangnya kemampuan pemahaman konsep, sikap dan pola pikir, pembelajaran yang kurang menarik, dan faktor lingkungan.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Muhimah, M., & Firdaus, E. F. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1055