PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NURUL HUDA PANGEBATAN

Authors

  • Dilah Paridatunapisah
  • Dian Purwaningsih
  • Anwar Ardani

Keywords:

Pengembangan, , LKS Berbasis Etnomatematika, Koneksi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media yang dikembangkan berupa LKS berbasis etnomatematika untuk meningkatkan koneksi matematis. Penelitian ini masuk ke dalam penelitian pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan teknik wawancara tidak terstruktur untuk analisis kebutuhan produk, studi pustaka untuk menilai kefektifan LKS berbasis etnomatematika dari penelitian-penelitian terdahulu, dan metode kuesioner yaitu berupa lembar validitas untuk menilai kevalidan soal dan LKS yang dikembangkan serta angket respon guru dan siswa untuk menilai kepraktisan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKS Berbasis Etnomatematika valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Sebagaimana hasil validasi dari tiga validator yang mencapai rata-rata persentase 91% untuk skor total 247 dengan kategori “sangat validâ€. Untuk hasil praktikalitas LKS kelas VIII MTs Nurul Huda Pangebatan dilihat dari angket respon guru dan peserta didik, angket respon guru memperoleh persentase 74%, sedangkan respon siswa terhadap LKS berbasis etnomatematika mencapai rata-rata persentase 71% dan keduanya mencapai kategori “praktisâ€. Jadi berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalias LKS berbasis etnomatematika dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis etnomatematika telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Paridatunapisah, D., Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NURUL HUDA PANGEBATAN: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1056