EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Mohammad Abdulloh

Keywords:

problem solving ability, props, SQ3R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SQ3R berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dianalisis dengan uji ketuntasan individual, uji proporsi, uji beda rata – rata dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, presentase  ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik 95,24%  kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen yaitu 77,76 lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol yaitu 73,10, dan ada pengaruh sebesar 33,80% keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Published

2017-05-17

How to Cite

Abdulloh, M. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/107

Issue

Section

Articles