PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI WAKTU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRET BAGI PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI KALIJURANG 03 KEC.TONJONG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Keywords:
concrete media, motivation and learning achievement in MathematicsAbstract
Prestasi belajar peserta didik kelas I SD Negeri Kalijurang 03 dalam pembelajaran Matematika belum memenuhi KKM, hal ini disebabkan peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika. PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil perbaikan pembelajaran menunjukkan peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I maupun siklus II. Demikian halnya dengan prestasi belajar siswa telah menunjukkan peningkatan yaitu pada pra siklus hanya 4 siswa (21.05%) yang tuntas belajar, menjadi 10 siswa (52,63%) yang tuntas belajar pada siklus I dan ketuntasan menjadi 17 siswa (89,47%).
Achievement of learners first grade of primary school Kalijurang 03 in Mathematics lesson has not met KKM, this is due to less motivated learners to participate in the learning process. The purpose of this study is to improve motivation and learning achievement of learners in Mathematics lesson. This PTK was conducted in two cycles. Each cycle consists of: planning, action, observation, and reflection. Learning improvement results showed increased activity of learners in the first cycle and the second cycle. Likewise with student achievement have shown that an increase in pre-cycle only 4 students (21:05%) were thoroughly studied, being 10 students (52.63%) were thoroughly studied in the first cycle and completeness to 17 students (89.47%) ,