PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS V SD NEGERI WINDUAJI 08 KEC. PAGUYANGAN KAB. BREBES SEMESTER 2 TAPEL 2015/2016

Authors

  • M. Murad Karyana

Keywords:

Demonstration Methods, Activities and Learning Outcomes Mathematics

Abstract

Pembelajaran pengukuran sudut di SD Negeri Winduaji 08 kelas V menampakkan aktivitas rendah yang membawa dampak rata-rata hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. PTK dilakukan dalam dua siklus. Hasil penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, ditunjukkan dari rata-rata nilai tes masing-masing siklus yang mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai tes mencapai 74,35; sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 88,26. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 65,22% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95,65%. 

Learning of angle measurement in SD Negeri 08 in class V show low activity that brings the average of learning outcomes is low. The purpose of this research is to increase the activity and learning outcomes of students. This PTK was conducted in two cycles. The result of the application of demonstration method in teaching Mathematics can improve learning outcomes of students, it can be shown from the average value of each test cycle has increased. In the first cycle the average value of the test reaching 74.35; whereas the second cycle of the learners average value reached 88.26. In the first cycle in the classical learning completeness reached 65.22% and the second cycle achieve mastery in classical learning of 95.65%.

Published

2017-05-17

How to Cite

Karyana, M. M. (2017). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS V SD NEGERI WINDUAJI 08 KEC. PAGUYANGAN KAB. BREBES SEMESTER 2 TAPEL 2015/2016: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 41–50. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/111

Issue

Section

Articles