PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI UANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA UANG MAINAN BAGI PESERTA DIDIK DI KELAS III SD NEGERI KUTAYU 03 KEC. TONJONG KAB. BREBES SEMESTER 1 TAPEL 2014/2015

Authors

  • Suparikem Suparikem

Keywords:

motivation, learning outcomes, Classroom Action Research

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran materi uang melalui penggunaan alat peraga uang mainan, penelitian ini merupakan PTK yang dilakukan dengan 2 siklus. Penggunaan alat peraga uang mainan dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didi. Pada siklus I rata-rata nilai tes peserta didik mencapai 62,35 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 71,76. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 58,82% dan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,35%. Hasil analisis kuesioner peserta didik menunjukkan adanya peningkatan motivasi peserta didik pada siklus I dan Siklus II.

The aim of this study is to determine the increase of students’ motivation and learning outcomes by using teaching aids of â€Uang Mainan†as a medium in teaching and learning process. This research belongs to Classroom Action Research and conducted into two cycles. The use of "Uang Mainan" can improve cognitive learning outcomes of the students. The average test scores of the students is 62.35 in the first cycle and 71.76 in the second cycle. The classical precentage of learning is 58.82% in the first cycle and 82.35% in the second cycle. The results of the questionnaire analysis of students shows that There are the students’ motivation improvement  in the first and the second cycle.

Published

2017-05-17

How to Cite

Suparikem, S. (2017). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI UANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA UANG MAINAN BAGI PESERTA DIDIK DI KELAS III SD NEGERI KUTAYU 03 KEC. TONJONG KAB. BREBES SEMESTER 1 TAPEL 2014/2015: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 51–63. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/112

Issue

Section

Articles