PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK SISWA KELAS X SMK ISLAM BINA NUSANTARA GUMELAR

Authors

  • Eka Farida Fasha Universitas Peradaban
  • Bidara Nali Wandira Universitas Peradaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran interaktif yang valid dan praktis agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan video pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 97,3% dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan video pembelajaran interaktif berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 98,1% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran interaktif dapat dikatakan layak dengan kategori valid dan praktis.

Kata Kunci: Video Pembelajaran Interaktif, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Fasha, E. F. ., & Wandira, B. N. . (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK SISWA KELAS X SMK ISLAM BINA NUSANTARA GUMELAR: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 613–629. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1237