PENERAPAN MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs NEGERI 4 BREBES

Main Article Content

An Nur Ami Widodo
Uun Husnul Amanah

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dilihat tinjau dari aspek percaya diri, inisiatif, tanggung jawab dan disiplin. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 4 Brebes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa diambil melalui random sampling. Analisis yang digunakannya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji peningkatan n- gain skore. Hasil dari penelitian ini  metode pembelajaran montessori mampu meingkatan kemandirian belajar siswa.


 


Kata Kunci : Metode Montessori, Kemandirian belajar

Article Details

How to Cite
Widodo, A. N. A. ., & Amanah, U. H. . (2022). PENERAPAN MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs NEGERI 4 BREBES. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 647–656. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1239
Section
Articles