ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik pada tingkat menganalisis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian survey. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X yang mengambil jurusan IIS 2 yang sudah mempelajari materi fungsi. Hasil analisis data menunjukkan peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis kategori tinggi, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang. Sedangkan kemandirian belajar rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang dan kategori rendah.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar.