ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MIPA TERHADAP MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Widia Desi Haryani
  • Eris Fanny Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas XI MIPA terhadap materi lingkaran dengan menggunakan metode discovery learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 01 Bantarkawung. Penelitian dilakukan pada kelas XI MIPA 2. Peneliti melakukan tes pada lembar kerja peserta didik atau LKPD untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa di SMA Negeri 01 Bantarkawung. Melalui tes lembar kerja peserta didik tersebut peneliti dapat mengetahui bahwa kemampuan pemahaman siswa di SMA Negeri 01 Bantarkawung yaitu bervariasi mulai dari kategori kemampuan pemahaman rendah, kategori kemampuan pemahaman sedang dan kategori kemampuan pemahaman tinggi. Hasil tes lembar kerja peserta didik akan dikelompokan berdasarkan nilai yang di peroleh siswa yaitu mulai dari 0 - 59 termasuk pada katgeori kemampuan pemahaman rendah, nilai dari 60 - 75 termasuk pada kategori kemampuan pemahaman sedang dan nilai dari 76 - 100 termasuk pada kategori kemampuan pemahaman tinggi. Jumlah siswa yang termasuk pada kategori kemampuan pemahaman rendah sebanyak 15 siswa, jumlah siswa dengan kategori kemampuan pemahaman sedang sebanyak 12 siswa dan jumlah siswa dengan kategori kemampuan pemahaman tinggi sebanyak 6 siswa. Kemudian peneliti melakukan analisis pada setiap soal yang telah dikerjakan pada lembar kerja peserta didik untuk mengetahui bahwa setiap kategori mampu memenuhi berapa indikator.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Siswa, Discovery Learning

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Haryani, W. D. ., & Firdaus, E. F. . (2022). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS XI MIPA TERHADAP MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 676–690. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1241