ANALISIS KEBUTUHAN DAN DESAIN MODUL GEOMETRI TRANFORMASI BERORIENTASI LITERASI MATEMATIS

Authors

  • Dian Nataria Oktaviani
  • Munadi Munadi
  • Ponoharjo Ponoharjo
  • Eleonora Dwi Wahyuningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan dan perancangan modul Geometri Transformasi yang berorientasi pada Literasi Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan yang dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Tahapan dalam penelitian ini yang dibahas adalah analisis kebutuhan dan perancangan modul transformasi geometri berorientasi literasi matematika. Analisis kebutuhan dapat dilakukan dengan memperhatikan kurikulum, karakter mahasiswa, hasil proses pembelajaran pada periode pembelajaran sebelumnya.

Tahap Desain atau perancangan modul Geometri Transformasi berorientasi pada Literasi Matematika. Modul berisi cover atau sampul, pendahuluan, daftar isi, uraian materi berorientasi literasi matematika, contoh soal geometri transformasi berorientasi literasi matematika dan latihan berorientasi literasi matematika dan daftar pustaka.

 

Kata Kunci: Geometri Transformasi, modul, literasi matematika, analisis kebutuhan dan desain

 

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Oktaviani, D. N. ., Munadi, M., Ponoharjo, P., & Wahyuningsih, E. D. . (2022). ANALISIS KEBUTUHAN DAN DESAIN MODUL GEOMETRI TRANFORMASI BERORIENTASI LITERASI MATEMATIS : Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 691–700. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1242