PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKABERBASIS FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Authors

  • Yusril Amron
  • Dian Purwaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis flipbook pada materi turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah model penelitian dan pengembangan. Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D) yang  mempunyai 4 tahapan dalam proses pengembangannya yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Teknik analisis data menggunakan lembar validasi konstruk, lembar validasi isi dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media flipbook yang dikembangkan memperoleh kriteria kelayakan setelah melewati uji validasi media dengan presentase sebesar 87,5% dan uji validasi materi dengan presentase sebesar 91,79%. Sedangkan pada uji kepraktisan produk oleh peserta didik memperoleh presentase sebesar 89,77% dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan media pembelajaran matematika berbasis flipbook dengan pendekatan kontekstual pada materi turunan fungsi aljabar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Flipbook, Pendekatan Kontekstual

 

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Amron, Y. ., & Purwaningsih , D. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKABERBASIS FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 701–717. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1243