ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN STUDI PISA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN (CHANGE AND RELATIONSHIP)

Authors

  • Danah Tsalist Hamidah
  • An Nur Ami Widodo

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia berdasarkan PISA masih kalah jauh dengan beberapa negara maju dan negara berkembang. Menurut Fadillah dan Ni’mah (2019) serta Teresa, dkk (2020), presentasi untuk konten perubahan dan hubungan (change and relationship) adalah 41,4% dan lebih rendah dari konten soal lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh merupakan data hasil tes tertulis dan wawancara. Data hasil tes tertulis dibagi menjadi 3, yaitu kriteria rendah, sedang dan tinggi. Melalui hasil tes tertulis dipilih 8 siswa untuk menjadi sampel penelitian. Secara garis besar kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang, mampu memahami semua informasi yang tertera dalam soal dengan baik, dan mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika mereka dalam menyelesaikan soal tersebut dengan konteks umum. Serta menafsirkan permasalahan yang ada pada soal dan mampu menyelesaikannya dengan lankah-langkah sederhana.

Kata Kunci: Kemampuan literasi matematika, PISA, perubahan dan hubungan (change and relationship)

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Hamidah, D. T. ., & Widodo, A. N. A. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN STUDI PISA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN (CHANGE AND RELATIONSHIP): Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 718–728. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1244