INTUISI PADA LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: Intuisi merupakan kemampuan yang dapat muncul dari bawah sadar untuk memahami sesuatu tanpa perlu dipelajari dan dipikirkan secara mendalam terlebih dahulu. Literasi Numerasi merupakan kemampuan dalam menyelesaiakan permasalahan bilangan dan operasi bilangan guna membantu persoalanpersoalan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran proses berpikir intuisi dalam meningkatkan kemampuan numerasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan memberikan tes terhadap siswa kelas 5 (lima) Sekolah Dasar Negeri Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Propinsi Banten Indonesia, kemudian dilakukan wawancara secara mendalam. Hasil yang didapat adalah proses berpikir intuisi pada subyek penelitian berada pada Common Sense sebab subyek memenuhi indicator mampu menjawab soal dengan singkat yang didasarkan pada pengalaman sebelumnya dan sesuai dengan pola-pola algoritma yang dimiliki. Proses beripikir inuiti siswa akan dapat digunakan dengan baik jika memiliki pengetahuan yang cukup, sehingga dapat mendukung dalam meningkatkan kemamuan numerasi. Sebaliknya proses berpikir intuisi tidak dapat digunakan dengan baik jika siswa tidak memiliki pengetahuan yang cukup atas kemampuan numerasi.
Kata Kunci: berpikir intuisi, intuisi, pemecahan masalah, numerasi