PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM POSING BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Dwi Puspita Sari Universitas Peradaban
  • An Nur Ami Widodo Universitas Peradaban

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (konvensional). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model R&D yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media, wawancara, dan lembar kepraktisan produk. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dinyatakan melalui pengujian para ahli, respon guru dan respon siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model problem posing berbasis soal superitem terbimbing untuk menunjang keterampilan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) valid dan praktis.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Posing, Superitem, Terbimbing.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Sari, D. P. ., & Widodo, A. N. A. . (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM POSING BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 802. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1392

Issue

Section

Articles