ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan dan daya beda soal Ujian Sekolah matematika di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Tahun Pelajaran 2021/2022 ditinjau kemampuan pemecahan masalah dan untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Ujian Sekolah matematika di SMA AnNuriyyah Bumiayu Tahun Pelajaran 2021/2022 ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah 43 peserta didik kelas XII. Hasil penelitian ini adalah dari 35 butir soal Ujian Sekolah Matematika terdapat 19 soal kemampuan pemecahan masalah. Ditinjau dari tingkat kesulitan, terdapat 15,79% berkategori sulit termasuk butir tes kurang baik, terdapat 31,58% berkategori sedang termasuk butir tes cukup baik, dan terdapat 52,63% berkategori sangat sulit termasuk butir tes tidak baik. Ditinjau dari daya beda, terdapat 10,53% berkategori baik, terdapat 10,53% berkategori cukup baik, terdapat 68,42% berkategori tidak baik, dan terdapat 10,53% memiliki daya beda negatif atau berkategori sangat tidak baik. Diperoleh juga bahwa tidak ada peserta didik yang melakukan tahapan yang sesuai dengan langkah penyelesaian soal kemampuan pemecahan masalah.
Kata Kunci : analisis soal, kemampuan pemecahan masalah, tingkat kesulitan, daya beda.