SELF DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Authors

  • Dian Purwaningsih Universitas Peradaban
  • An Nur Ami Widodo Universitas Peradaban

Abstract

Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat diketahui melalui nilai akhir, salah satu kemampuan afektif mahasiswa dapat dilihat melalui Self Directed Learning. Kemampuan kognitif mahasiswa dapat diukur melalui nilai Quis, UTS dan UAS. Kemampuan kognitif mahasiswa tidak sama, diperlukan kecermatan dan ketelitian untuk mengetahui peningkatannya. Selain dari kemampuan kognitif, peningkatan hasil belajar mahasiswa bisa dilihat dari Self Directed Learning saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Pembelajaran Matematika SD merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh Mahasiswa PGSD, mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan matematis dalam kehidupan sehari-hari dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode dokumentasi dan literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur hasil belajar mata kuliah pembelajaran matematika SD ditinjau dari Self Directed Learning mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah anava dengan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Self Directed Learning terhadap hasil belajar matematika SD. Dari proses analisis data dinyatakan bahwa nilai p value kurang dari 0,005 dan dengan persamaan regresi Y = 0,007 X + 86,521, dimana Y sebagai hasil nilai matakuliah pembelajaran matematika SD dan X sebagai Self Directed Learning. Dengan adanya analisis statistik tersebut, terlihat adanya peningkatan hasil belajar melalui Self Directed Learning, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh antara Self Directed Learning terhadap hasil belajar matakuliah pembelajaran matematika SD.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Gaya Kognitif.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Purwaningsih, D. ., & Widodo, A. N. A. . (2023). SELF DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD : Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 851. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1395

Issue

Section

Articles