MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING: EFEKTIFKAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH?

Authors

  • Muhammad Khoiril Akhyar IAIN Kediri
  • Alvina Savitri Elizabeth IAIN Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning berbasis blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran di MTsN 5 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan sampel sebanyak 27 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan, uji paired serta uji efektifitas cohen. Hasil uji ketuntasan yang menyatakan tuntas dengan rata-rata kelas 96,52, hasil uji banding juga menunjukkan hasil yang signifikan, serta hasil uji cohendengan skor 0,8439 yang masuk pada kriteria efektifitas tinggi.

Kata Kunci : discovery learning berbasis blended learning, pemecahan masalah

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Akhyar, M. K. ., & Elizabeth, A. S. . (2023). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING: EFEKTIFKAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH? : Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 861. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1396

Issue

Section

Articles