IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1745Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter
dalam proses pembelajaran matematika, (2) Mengetahui apa saja hambatan dalam
pengimplementasian Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika, (3)
mengetahui stategi untuk mengatasi hambatan pengimplementasian Pendidikan karakter
dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan etnografi deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Hajijah
Amalia Sari. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter telah
diterapkan dalam proses pembelajaran matematika, ditemukannya beberapa hambatan seperti
karakteristik siswa yang berbeda, kurangnya motivasi siswa, kurangnya sarana dan
prasarana, serta kurangnya kedisiplinan siswa, strategi dalam mengatasi hambatan tersebut
adalah membiasakan siswa dalam menerapkan karakter, memberikan keteladanan yang baik,
memberikan teguran, membuat pengkondisian seperti adanya poster atau slogan yang
menunjukkan nilai karakter, serta melengkapi sarana dan prasarana yang dapat membangun
nilai Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran Matematika