ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X

Authors

  • Ade Oktaviani Universitas Peradaban
  • Dian Purwaningsih Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada materi trigonometri. Kemampuan pemecahan
masalah disini menggunakan pentahapan langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuisioner, tes dan
wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket gaya belajar, soal
tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah: Kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kategori tinggi memilik tipe gaya belajar visual dalam pemecahan masalah
matematisnya sudah mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah, kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kategori sedang memilik tipe gaya belajar auditorial
dalam pemecahan masalah matematisnya sudah mampu memenuhi tiga indikator pemecahan
masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kategori rendah memilik tipe
gaya belajar kinestetik dalam pemecahan masalah matematisnya hanya mampu memenuhi
dua indikator pemecahan masalah.
Kata Kunci: Gaya belajar, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Oktaviani, A., & Purwaningsih, D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 884–895. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1746