PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN QUIZIZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK

Authors

  • Atini Khasanah Universitas Peradaban
  • Sofri Rizka Amalia Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan
produk terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D yang meliputi tahap Define
(Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), dan Disseminate
(Penyebaran). Hasil dari penelitian ini adalah: uji validasi media oleh ahli media memperoleh
skor 81,4% dengan kriteria sangat valid, uji validasi materi oleh ahli materi memperoleh skor
77,5% dengan kriteria layak, media pembelajaran matematika memperoleh persentase
kepraktisan 83,16% dengan kategori sangat praktis, rata-rata kemampuan pemahaman
konsep matematis kelas dengan pembelajaran menggunakan media memperoleh skor 78,00
sedangkan kelas konvensional memperoleh skor 56,12. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam
pengembangan media pembelajaran berbasis google sites berbantuan quizizz terhadap
pemahaman konsep matematis siswa SMK dapat disimpulkan bahwa: (1) media
pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz valid sehingga layak
digunakan; (2) media pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz
praktis digunakan siswa pada untuk pembelajaran matematika materi peluang; (3) media
pembelajaran matematika berbasis google sites berbantuan quizizz efektif digunakan untuk
membantu siswa memahami konsep matematis.
Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis , google sites, , quizizz.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Khasanah, A., & Amalia, S. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES BERBANTUAN QUIZIZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 896–908. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1747