ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Authors

  • Dwi Mei Putri Islakhati Universitas Peradaban
  • Dian Purwaningsih Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman
konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA (Programme for International
Student Assesment) ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X6
SMA Negeri 1 Sirampog. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes
dan wawancara, dengan menggunakan instrumen angket GEFT, tes pemahaman konsep
matematis dengan materi soal PISA, dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan
kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent memiliki
persentase pencapaian pemahaman konsep matematis sebesar 55,55% dengan kategori
cukup. Siswa dengan gaya kognitif field intermediate memiliki persentase pencapaian
pemahaman konsep matematis sebesar 86,11% dengan kategori sangat baik. Dan siswa
dengan gaya kognitif field independent memiliki persentase pencapaian pemahaman konsep
matematis sebesar 97,22% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : Gaya Kognitif , Pemahaman Konsep Matematis, Soal PISA.

 

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Islakhati, D. M. P., & Purwaningsih, D. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 922–929. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1749