IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG

Authors

  • Fauziah Rahmawati Universitas Peradaban
  • Eka Farida Fasha Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas implementasi model CTL berbasis
superitem untuk meningkatkan literasi matematis siswa pada materi peluang. Subyek
penelitian ini adalah siswa SMK Semesta Bumiayu XI TLM sebagai kelas eksperimen dan
XI OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, metode tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata, dan uji regresi. Hasil penelitian
yang diperoleh menyatakan bahwa ketuntasan kemampuan literasi matematis mencapai 75
dan prosentase mencapai 75% dengan rata-rata kemampuan literasi matematis materi
peluang melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem
mencapai 81,04 dan prosentase ketuntasan sebesar 92%. Rata-rata kemampuan literasi
matematis siswa dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem
yaitu 81,04, lebih baik dari pada rata-rata kemampuan literasi matematis siswa dengan model
Problem Based Learning (PBL) yang hanya mencapai 61,65. Terdapat pengaruh positif
keterampilan proses dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis
Superitem yaitu sebesar 70,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan
model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Superitem efektif terhadap
kemampuan literasi matematis siswa pada materi peluang.

Kata Kunci: kemampuan literasi matematis siswa, Model Contextual Teaching and
Learning (CTL), peluang

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rahmawati, F., & Fasha, E. F. (2023). IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 930–942. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1750