PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PENDEKATAN KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP

Authors

  • Noviana Hilda Dwi Utami Universitas Peradaban
  • Sintia Cahya Aryani Universitas Peradaban
  • Relia Eka Agustina Universitas Peradaban
  • Fajar Ramadan Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1752

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan konsep bangun ruang sisi datar melalui
pendekatan kongkret dalam pembelajaran matematika di SMP. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan konsep bangun ruang sisi datar melalui pendekatan kongkret
dalam pembelajaran matematika di SMP. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas . Penelitian ini dilakukan dengan proses kerja kolaborasi antara peneliti dan guru
matematika. Rata- rata skor pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siklus I sebesar
61,93 meningkat menjadi 71,75 pada siklus II. Pada siklus II, rata-rata skor peningkatan
pemahaman konsep bangun ruang sisi datar berada dalam kategori tuntas, sehingga indikator
keberhasilan penelitian sudah tercapai. Hasilnya secara kualitatif dapat dikatakan baik.
Kata Kunci: Bangun Datar, Pembelajaran Discovery, Pendekatan Konkrete

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Utami, N. H. D., Aryani, S. C., Agustina, R. E., & Ramadan, F. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PENDEKATAN KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 953–960. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1752