ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITNJAU DARI TIPOLOGI HIPPOCRATES - GALENUS
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1753Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya ditinjau dari Tipologi
Hippocrates – Galenus. Penelitian ini dilakukan pada semester genap di SMP Islam
Ta’alluul Huda Bumiayu. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
pada siswa dengan tipe kepribadian Phlegmatis dapat memenuhi empat indicator
kemampuan pemecahan masalah didukung oleh dominan kepribadian yang dimiliki
yaitu lebih senang menjadi pendengar yang baik, Koleris dapat memenuhi empat
indicator kemampuan pemecahan masalah didukung oleh dominan kepribadian yang
dimiliki yaitu pekerja keras dan keras kepala, Melankolis dapat memenuhi empat
indicator kemampuan pemecahan masalah didukung oleh dominan kepribadian yang
dimiliki yaitu perfeksionis, dan Siswa dengan tipe kepribadian Sanguinis hanya dapat
memenuhi dua indicator pemecahan masalah yaitu memahami masalah dan
melaksanakan rencana pemecahan masalah dapat memenuhi empat indicator
kemampuan pemecahan masalah didukung oleh dominan kepribadian yang dimiliki
yaitu pelupa.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Tipologi Hippocrates – Galenus