IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SOAL SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Siti Nur Hidayah Universitas Peradaban
  • Eka Farida Fasha Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1754

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) berbasis soal superitem terhadap pemahaman konsep
matematis.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan
desain Posttest - Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui
teknik Random Sampling. Anlisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji
homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, dan uji regresi. Hasil
dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran Think Think Pair Share (TPS) berbasis soal superitem melampaui 71
dengan proporsi ketuntasan 80%. Nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas
eksperimen adalah 81,88 lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 69,6. Uji regresi sederhana
diperoleh persamaan regresi mceclip0.png  menunjukan bahwa terdapat
pengaruh positif keterampilan proses belajar siswa sebesar 87,4%. Karena memenuhi ketiga
kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share
(TPS) berbasis soal superitem efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMK
kelas X.

Kata Kunci: Implementasi, Keterampilan Proses, Pemahaman Konsep Matematis,
Superitem, Think Pair Share.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Hidayah, S. N., & Fasha, E. F. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SOAL SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 973–982. https://doi.org/10.58436/jdpmat.v10i2.1754