IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK KERABAT KITA BUMIAYU

Authors

  • F Anggreyani

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Matematika, Pendidikan Karakter

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu (1) bentuk pendidikan karakter yang komprehensif di SMK Kerabat Kita Bumiyu, (2) cara guru mengintregasikan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu, (3) hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitiannya dalah guru matematika kelas XI ottotronik SMK Kerabat Kita Bumiayu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk teknik keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi data, dan teknik analisis data menggunakan teknik Reduksi, Display dan Pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pendidikan karakter secara komprehensif dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan yaitu : (a) Proses pembelajaran; (b) Manajamen sekolah; dan (c) Kegiatan pembinaan kesiswaan. Integrasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran Matematika di SMK Kerabat Kita Bumiayu dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Adapun hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman guru dalam penerapan pendidikan karakter pada pemebelajaran matematika, karakteristik siswa yang berbeda, dan waktu kurang efisien.Saran yang dapat peneliti berikan adalah Diadakannya pelatihan khusus dalam penerapan pendidikan karakter sehingga guru mampu mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.

 

Abstract

The purpose of this research is to know (1) the form of comprehensive character education in SMK Kerabat Kita Bumiyu, (2) the way teachers integrate a value of character education in learning mathematics in SMK Kerabat Kita Bumiayu, (3) obstacles are faced in the implementation of character education in learning mathematics at SMK Kerabat Kita Bumiayu. This study uses a case study approach with the type of qualitative research, the subject of this research is math of teacher in class XI ottotronik SMK Kerabat Kita Bumiayu. Data collection techniques use interview, observation, and documentation techniques, for data validity techniques using data triangulation techniques, and data analysis techniques using Reduction, Display and Conclusion techniques. The results show that character education comprehensively is conducted in 3 forms of activities, namely: (a) Learning process; (b) school management; and (c) Student coaching activities. The integration of character education in the learning process of Mathematics at SMK Kerabat Kita Bumiayu is carried out from the planning, implementation, and evaluation of learning. The obstacles faced in the implementation of character education in the learning of mathematics is the lack of understanding of teachers in the application of character education in the learning of mathematics, the characteristics of different students, and less efficient time.Suggestions that researchers can provide is the implementation of special training in the application of character education so that teachers are able to develop character values in learning.

Published

2017-11-12

How to Cite

Anggreyani, F. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK KERABAT KITA BUMIAYU: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 83–94. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/189