KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Authors

  • Suci Prihatin
  • Isnani Isnani
  • Wikan B Utami

Keywords:

Keefektifan model Demonstrasi, NHT, prestasi belajar matematika, kemampuan Awal

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika: 1) peserta didik yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi dan NHT memenuhi target KKM, 2) ada atau tidaknya perbedaan peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, NHT dan konvensional, 3) ada atau tidaknya perbedaan peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, NHT dan konvensional ditinjau dari kemampuan awal, 4) manakah pembelajaran yang paling efektif antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, NHT dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tarub sebanyak 304 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling diambil empat kelas. Pengumpulan data menggunakan model dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, Uji RAK dan Benferoni.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika: (1) peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi dan NHT memenuhi target KKM, (2) terdapat perbedaan peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, NHT, dan konvesional, (3) ada perbedaan peserta didik antara yang diajarkan menggunakan model Demonstrasi, NHT dan konvensional ditinjau dari kemampuan awal. (4) model Demonstrasi, NHT dan konvensional mempunyai kemampuan yang sama.

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the achievement of learning mathematics: 1) the learners who are taught using Demonstration model and NHT fulfil the target of KKM, 2) whether or not difference of learners between who are taught using Demonstration, NHT and conventional model 3) (4) Where is the most effective learning between learners who are taught using Demonstration, NHT and conventional models of mathematics learning achievement in terms of initial ability. The population of this study is all students of class VIII of SMP Negeri 2 Tarub as many as 304 learners. Sampling was done by cluster random sampling taken four classes. Data collection using documentation and test models. After the test of normality and homogeneity, the data analysis for this research uses the test of the right one-sided proportion, RAK and Benferoni Test. The result of the research shows that the achievement of learning mathematics: (1) the learners between who are taught using Demonstration model and NHT fulfil the target of KKM, (2) there are differences of learners between who are taught using Demonstration model, NHT, and conventional, (3) there is difference of learners between who are taught using Demonstration, NHT and conventional model in terms of initial ability. (4) Demonstration model, NHT and conventional have the same ability.

Published

2017-11-12

How to Cite

Prihatin, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 50–61. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/191