KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Keywords:
Keefektifan, Model Pembelajaran Talking Stick, Sikap, Prestasi BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick mencapai target, (2) ada perbedaan antara sikap dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan model pembelajaran, (3) model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap dan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dan tes prestasi telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, one way manova dan uji T2-Hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick mencapai target, (2) ada perbedaan antara sikap dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan ekspositori, (3) model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap dan prestasi belajar matematika peserta didik.
Abstract
The purpose of this study to determine: (1) learning achievement of learners who are taught using learning model Talking Stick reaches the target, (2) there is difference between attitude and mathematics learners achievement of learner using Talking Stick learning model by using learning model, (3) ) a better learning model between the Talking Stick learning model and the expository learning model of mathematics learning attitudes and achievements. The population in this study is the students of class VII of SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes District Academic Year 2016/2017. Sampling using cluster random sampling technique. Samples taken as many as two classes as an experimental class, two classes as a control class, and one class as a test class. Data collection techniques use documentation, tests, and questionnaires. The research instrument in the form of questionnaire and achievement test has been tested a validity and reliability at 5% significance level. Technique of data analysis using test of right one side proportion, one way manova and T2-Hotelling test which previously conducted prerequisite test first those are normality test and homogeneity test. The result of the research shows that: (1) mathematics learning achievement of learners using Talking Stick learning model reaches the target, (2) there is difference between attitude and mathematics learning achievement by using Talking Stick and expository learning model, (3) learning model Talking Stick is better than the expository model of learning toward the attitudes and mathematics learning achievements of learners.