Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbantuan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Asri Nur Azizah Universitas Peradaban
  • Eka Trisnawati Universitas Peradaban

Keywords:

STEAM, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True- Eksperimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Jatisawit 01 yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri Jatisawit 03 yang berjumlah

  1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes untuk data kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample t-test. Hasil uji homogenitas kemampuan pemecahan masalah dengan nilai signifikan pada pre-test di peroleh 0,556 dan nilai signifikansi pada post-test diperoleh 0,414. Terlihat bahwa data pre-test dan post-test kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varians yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi di peroleh 0,033 atau kurang dari 0,05. Hal ini berarti penerapan pendekatan pembelajaran STEAM berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Jatisawit.

 

Kata Kunci: STEAM; Wordwall; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Azizah, A. N., & Trisnawati, E. (2025). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbantuan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1175–1187. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/2162

Issue

Section

Articles