Pengembangan E-LKS Berbasis Teori Van Hiele Berbantuan Liveworksheet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Sudrajat Sudrajat Universitas Peradaban

Keywords:

E-LKS, emampuan Pemecahan Masalah, Liveworksheet, Teori Van Hiele

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa yang memenuhi aspek valid, praktis dan efektif. Model penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa SMPN 12 Yogyakarta. Instrumen penelitian meliputi angket penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet yang telah dikembangkan memenuhi aspek valid dengan kriteria “Sangat Baik”, (2) E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet yang telah dikembangkan memenuhi aspek praktis dengan kriteria “Sangat Baik”, (3) E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet yang telah dikembangkan memenuhi aspek efektif dimana hasil tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji one sampel t-test diperoleh nilai rata-rata lebih dari 75 sehingga disimpulkan bahwa E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa E-LKS berbasis Teori Van Hiele berbantuan liveworksheet yang telah dikembangkan memenuhi ketiga aspek pengembangan yaitu valid, praktis dan efektif.

 

Kata Kunci: E-LKS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Liveworksheet, Teori Van Hiele

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Sudrajat, S. (2025). Pengembangan E-LKS Berbasis Teori Van Hiele Berbantuan Liveworksheet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1187–1200. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/2163

Issue

Section

Articles