ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP NEGERI 1 PAGUYANGAN PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TIPE ADVERSITY QUOTIENT
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpmat.v11i2.2174Keywords:
Kemampuan Berpikir, Tipe Adversity Quotient, SPLDVAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Negeri 1 Paguyangan pada materi SPLDV berdasarkan tipe Adversity Quotient. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket ARP, tes kemampuan berpikir aljabar, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data memberikan informasi bahwa Adversity Quotient siswa kelas IX SMP Negeri 1 Paguyangan yang menjadi subjek penelitian terbagi ke dalam tiga tipe, diantaranya tipe AQ peralihan campers-climbers, tipe AQ campers, dan tipe AQ peralihan quitters-campers. Masing-masing tipe AQ memiliki kemampuan berpikir aljabar yang bervariasi. Perbedaan kemampuan berpikir aljabar pada masing-masing tipe AQ dapat disebabkan oleh perbedaan profil Adversity Quotient, pemahaman konsep SPLDV, dan pengalaman yang dimiliki siswa mengenai soal yang diberikan. Siswa dengan tipe AQ peralihan campers-climbers berkemampuan berpikir aljabar kategori baik dan cukup baik. Siswa dengan tipe AQ campers berkemampuan berpikir aljabar kategori baik, cukup baik,. Siswa dengan tipe AQ peralihan quitters-campers berkemampuan berpikir aljabar kategori kurang baik.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir; Tipe Adversity Quotient; SPLDV.