PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Hilda A Rahma
  • Anwar Ardani

Keywords:

Educational Interaction, Mathematics Learning Result

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh interaksi pendidikan terhadap hasil belajar matematika kelas 3 siswa pada materi simetri lipat dan putar pada bangun benda datar dan benda kongkrit pada sekolah dasar negeri Bumiayu 04 tahun 2016/2017, 2) rata-rata siswa sudah sampai di KKM atau tidak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di sekolah dasar Bumiayu 04. Sampel penelitian adalah siswa kelas 3 dari 22 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis I (regresi linier sederhana) dan uji hipotesis II (uji individual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh interaksi pendidikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 di sekolah dasar sekolah dasar bumiayu 04 tahun 2016/2017. Hasil penelitian terlihat dari perhitungan f hitung lebih besar dari f tabel atau 96,63> 4,35 untuk signifikansi 5% atau 0,05. 2) Rata-rata siswa telah mencapai KKM. Hasil penelitian terlihat dari perhitungan t hitung lebih besar dari t tabel (1,77 ≥ 1,72).

Abstract

The aims of this research to know 1) the influence of educational interactions against results of learning mathematics grade 3 students on the material symmetry fold and swivel on waking up flat and concrete objects in public elementary school Bumiayu 04 year period 2016/2017, 2) the average student had reached the KKM or not. The kind of this research was quantitative research with an experimental approach. The population of this research was all of the 3 grader in public elementary school Bumiayu 04. The research sample was grade 3 of amount 22 students. The tecnique sampling technique used a sampling of saturated. Data collection techniques were used namely observation, tests, and documentation. Data analysis techniques used the test hypothesis I (simple linear regression) and test the hypothesis II (individual test). The result of research showed was 1) the influence of educational  interactions on results of learning mathematics grade 3 students in public elementary scholl bumiayu 04 year period 2016/2017. The results of the study was seen from the calculation of f arithmetic greater than f table or 96,63 > 4,35 for 5 % significance or 0,05. 2) The average student had reached the KKM. The results of the study was seen from the calculation of t arithmetic greater than t table (1,77 ≥ 1,72).

 

 

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Rahma, H. A., & Ardani, A. (2018). PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 81–89. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/284

Issue

Section

Articles