MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK MEMBACA DAN MENULIS BILANGAN 1 SAMPAI 20 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS I SEMESTER 1 SD NEGERI PAGERBARANG 03 KEC PAGERBARANG KAB . TEGAL
Keywords:
model pembelajaran course review horay, hasil belajar siswaAbstract
SD Negeri Pagerbarang 03 merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Penggunaan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi membaca dan menulis bilangan 1 sampai 20 pada siswa kelas I SDN Pagerbarang 03. Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran course review horay . Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar siswa diperoleh dari hasil belajar siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas I SD Negeri Pagerbarang 03, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Penerapan model pembelajaran course review horay dengan dilaksanakan dengan baik: 2) Setelah menggunakan model pembelajaran course review horay pada siklus 1 halis belajar siswa mencapai rata-rata 75, sedangankan pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat rata-ratanya menjadi 86.Pembelajaran menggunakan model pembelajaran course review horay di kelas I dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran course review horay dapat saling membantu satu dengan yang lain.. Guru hendaknya mengaktifkan pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran course review horay sehingga hasil belajar meningkat