UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENCARI KPK DAN FPB DENGAN POHON FAKTOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACHT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTAHARJA 03 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Nurokhman Nurokhman

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Macht

Abstract

Masalah yang akan dijawab  dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Make a macht dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada mata pelajaran matematika materi mencari KPK dan FPB dengan pohon faktor pada siswa kelas V SDN Kertaharja 03 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran Make a macht dapat meningkatkan hasil belajar  siswa, .Penelitian ini menggunakan  metode Penelitian  Tindakan Kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri Kertaharja 03 Kabupaten Tegal. Obyek tindakan dalam penelitian ini  adalah  hasil belajar siswa. Penelitian  ini berlangsung selama 5 bulan mulai bulan 01 Agustus 2017 sampai dengan bulan 30 Desember 2017 Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kertaharja 03 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran make a macht dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 79,25 dan pada siklus 2 mencapai 88,14 naik sebesar 8,89 poin. Ketuntasan klasikal siklus 1 mencapai 56 % siklus 2 mencapai 97 % naik sebesar 41 %.  Peneliti menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran make a macht dapat meningkatkan  hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Nurokhman, N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENCARI KPK DAN FPB DENGAN POHON FAKTOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACHT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTAHARJA 03 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 15–34. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/337