EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Authors

  • Denni Ismunandar
  • L Nurafifah

Keywords:

Buku Ajar, Hasil Belajar Matematis, Discovery Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku ajar berbantuan GeoGebra untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematis siswa kelas VIII.  Buku ajar yang digunakan oleh siswa kelas VIII telah melalui proses validasi instrumen kelayakan buku ajar oleh ahli (3 validator bergelar doktor dan 2 pakar berjabatan PNS dengan pengalaman mengajar minimal 9 tahun), penilaian kelayakan buku ajar oleh panelis, dan penilaian kepraktisan buku ajar oleh guru/ pakar pada kelas uji terbatas. Pada penelitian ini, peneliti tidak melakukan penelitian langsung, namun menggunakan praktisi/ guru dalam melakukan penelitian di dalam kelas dan pengumpulan data. Peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dalam penelitian ini, karena model pembelajaran yang digunakan di sekolah tempat penelitian dilaksanakan menggunakan model pembelajaran tersebut. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan pendekatan kepada beberapa guru dalam acara MGMP guru matematika. Beberapa hasil wawancara dengan guru SMP kelas VIII adalah siswa masih kesulitan pada bab pembahasan koordinat kartesius. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Kandanghaur pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini adalah hasil belajar matematis siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandang haur yang berjumlah 110 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara acak oleh guru pengajar serta diketahui  oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil pemilihan sampel adalah kelas VIII D yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas amatan. Hasil penelitian ini adalah penggunaan buku ajar berbantuan GeoGebra efektif untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematis siswa yang dapat dilihat dari hasil uji one sample t test dengan menggunakan software SPSS bahwa hasil sig (2-tailed) adalah 0,034. Dengan mengambil taraf kepercayaan 0,05, terlihat bahwa sig (2-tailed) lebih kecil daripada taraf kepercayaan. Artinya, penggunaan buku ajar berbantuan GeoGebra efektif untuk mencapai ketuntasan hasil belajar matematis siswa kelas VIII yang telah ditargetkan.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2018). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BUKU AJAR BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA KELAS VIII: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 70–85. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/340