KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
Keywords:
Keefektifan, Problem Based Learning (PBL), Powerpoint, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan AwalAbstract
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kramat masih banyak yang dibawah KKM, oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini: (1) apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model PBL berbantuan media powerpoint mencapai target. (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model PBLberbantuan media powerpoint dan model pembelajaran konvensional. (3) Apakah prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar model PBL berbantuan media powerpoint lebih baik dibandingkan yang diajar model pembelajaran konvensional. (4) Apakah prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar model pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan yang diajar model PBL berbantuan media powerpoint. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIISMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel secara purposing sampling dilanjutkan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar. Teknik dengan analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, rancangan acak kelompok dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar modelPBL berbantuan media powerpoint mencapai target. (2) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan modelPBL berbantuan media powerpointdan model pembelajaran konvesional (3) prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar model pembelajaran PBL berbantuan media powerpoint lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. (4) prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar model pembelajaran konvensional tidak lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL berbantuan media powerpoint.