KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Lilis Afrianti
  • Isnani Isnani
  • Ibnu Sina

Keywords:

Keefektifan, Model Pembelajaran Snowball Throwing (ST), Think Pair Share (TPS), Aktivitas, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ST dan TPS yang nilainya diatas 70  melampaui target 42%, 2) adanya perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran ST, TPS dan konvensional, 3) model pembelajaran ST dan TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika, 4) adanya perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran ST, 5) model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran ST terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran pembelajaran ST dan TPS yang nilainya diatas 70  melampaui target 42%, 2) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ST, TPS dan konvensional, 3) model pembelajaran ST dan TPS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika, 4) ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran ST, 5) model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran ST terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Afrianti, L., Isnani, I., & Sina, I. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 100–110. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/342