UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XII TIPTL 1 SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2017/2018
Keywords:
Penerapan CTL, Kualitas Proses PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal semester gasal tahun 2017/2018. (2) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika operasi matriks melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal semester gasal Tahun 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan : teknik tes dan non tes Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan cara : (1) teknik deskripsi kuantitatif, dan (2) teknik deskripsi kualitatif untuk mengolah data kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa: Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika operasi matriks pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal semester gasal Tahun 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 12,9 % dari ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 70,97 % menjdi 83,87 % pada siklus 2. Dengan tercapainya KKM sebesar 83,87 % berarti mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 75 %.