UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XII TIPTL 1 SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2017/2018

Authors

  • Sugiyono Sugiyono

Keywords:

Penerapan CTL, Kualitas Proses Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Matematika melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal  semester gasal tahun 2017/2018. (2) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika operasi matriks melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal semester gasal Tahun 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan : teknik tes dan non tes Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan cara : (1) teknik deskripsi kuantitatif, dan (2) teknik deskripsi kualitatif untuk mengolah data kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa: Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika operasi matriks pada siswa kelas XII TIPTL 1 SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal semester gasal Tahun 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan  klasikal  sebesar 12,9 %  dari  ketuntasan  klasikal siklus 1 sebesar 70,97 % menjdi 83,87 % pada siklus 2. Dengan tercapainya KKM sebesar 83,87 % berarti mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 75 %.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Sugiyono, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XII TIPTL 1 SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2017/2018: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 111–119. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/343