EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBASIS SOAL SUPERITEM BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • Lizia Amanda
  • M. Khoiril Akhyar

Keywords:

Model Pembelajaran Kumon Berbasis Soal Superitem Berbantuan LKS, Keterampilan Proses, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi statistika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS melampaui 76 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis siwa kelas eksperimen adalah 86 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 67. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 82,3%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Amanda, L., & Akhyar, M. K. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBASIS SOAL SUPERITEM BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 140–157. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/345