PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL UJIAN NASIONAL
Keywords:
Kecemasan, Kecemasan Matematika, Ujian NasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecemasan matematika siswa terhadap kemampuan mengerjakan soal ujian nasional dan dibedakan berdasarkan tingkatan kecemasan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Penelitian ini mengambil sampel kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 24 siswa, sedangkan kelas kontrol terdiri dari 25 siswa. Metode pengmpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan metode dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika siswa terhadap kemampuan mengerjakan soal ujian nasional sebesar 45,6%. Tingkat kecemasan yang dialami siswa berbeda-beda, tingkat kecemasan dalam penelitian ini digolongkan kedalan 3 tingkatan, yaitu tingkat kecemasan tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang termasuk kedalam tingkat kecemasan tinggi ada 7, siswa yang termasuk kedalam tingkat kecemasan sedang ada 16, dan siswa yang termasuk kedalam tingkat kecemasan rendah hanya ada 2 orang