EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADASISWA KELAS VIII

Authors

  • Indra Suwarno
  • Dedi Nur Arisiyo

Keywords:

Efektivitas, Problem Based Learning (PBL),, pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VIII. Keefektifan dilihat dari perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)melalui pendekatan matematika realistik dengan model konvensional pada ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM), perbandingan lebih baik atau tidaknya antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan matematika realistik dengan model konvensional, serta besar pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental,yang artinya menguji cobakan model yang akan diteliti oleh peneliti. Hasil yang diperoleh yakni rata – rata ketuntasan kemampuan pemecahan masalah melampaui KKM yaitu 73 dengan prosentase ketuntasan lebih dari 75%. Nilai rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Uji regresi sederhana menunjukan adanya pengaruh positif keterampilan proses siswa dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 62,7%.

Downloads

Published

2018-12-16

How to Cite

Suwarno, I., & Arisiyo, D. N. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADASISWA KELAS VIII: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 187–205. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/348